Teknologi Digital Yang Semakin Berkembang Akibat Virus Covid-19

Berita Terbaru – Peran teknologi sangat terasa saat terjadi pandemi virus Corona. Ya, sejak tahun 2020, unit usaha kecil maupun perusahaan besar serta pemerintah mau tidak mau harus merombak operasinya menggunakan bantuan teknologi agar bisa beradaptasi dengan perubahan masif yang terjadi. Dr. Werner Vogels selaku Chief Technology Officer Amazon, memprediksikan tentang teknologi dan perkembangannya. Dia mengatakan bahwa teknologi akan memainkan peran yang semakin penting di tahun 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Bagaimana maksudnya? Untuk lebih jelasnya lihat artikel ini sampai akhir.

1. Tulisan Akan Tergeser Tahtanya Oleh Visual

 Kini, mengetik dengan keyboard, baik untuk berekspresi di media sosial maupun berkomunikasi dengan mesin, mulai tergantikan dengan berbagai media lain seperti gambar, video, dan suara. Pergeseran ini menambah dimensi baru kenyamanan bagi pengguna, terutama mereka yang buta huruf atau memiliki disabilitas yang membuat mereka sulit mengetik. Di Ghana, Afrika, sebuah perusahaan bernama Cowtribe memungkinkan para petani untuk mengisi kembali persediaan makanan ternak, vaksin, dan bahan-bahan penting lainnya dengan mengirimkan perintah suara sederhana.

2. Teknologi Mendorong Transformasi Digital

Kota-kota yang kini dihuni begitu banyak penduduk ini sebenarnya dibangun atas dasar pemahaman yang sudah berumur puluhan bahkan berabad-abad. Bahkan pembatasan mobilitas selama pandemi telah mengungkap kelemahan konsep yang ketinggalan jaman, seperti di distrik perkantoran tempat orang bekerja.

Dengan teknologi data analytics, tata kota dapat diatur untuk memaksimalkan dampak positif dari social distancing namun tanpa merasa terlalu berjauhan, sehingga masyarakat bisa lebih aman, sehat, dan berjalan dengan lebih baik dan lebih efisien. Misalnya, pemerintah kota dapat menggunakan teknologi analitik data terbaru untuk menganalisis pola pergerakan pejalan kaki dan kebiasaan penduduk berkeliling kota.

Selain mendukung peningkatan kesehatan masyarakat, nantinya wawasan tersebut juga dapat diterapkan untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan, seperti stadion dan museum. Di Indonesia, salah satu penerapan yang mungkin dikaji lebih lanjut adalah tata kota ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

3. Bisnis Kecil Berlomba Menuju Cloud

Di Afrika Sub Sahara (secara geografis terletak di Afrika Barat, Timur, Tengah dan Selatan) dan Asia Tenggara, khususnya Indonesia, sebagian besar pelaku usaha terdiri dari usaha kecil bahkan usaha mikro seperti toko kecil. Negara-negara ini umumnya tidak terlalu terbebani oleh teknologi lama (legacy technology) dan lebih terbuka terhadap teknologi baru.

Di Asia Tenggara, usaha kecil berkontribusi 43% terhadap PDB dan mencakup 99% dari total pebisnis. Namun nasib sebuah bisnis, apalagi saat ini, sangat ditentukan oleh daya serap teknologi. Ketika Anda enggan untuk menjauh dari pola pikir tradisional dan menggunakan teknologi, akan sulit atau bahkan hampir tidak mungkin bagi bisnis untuk bertahan.

Melihat peluang ini, startup Warung Pintar membantu warung mulai menggunakan teknologi untuk meraih hasil yang lebih baik. Warung Pintar memanfaatkan cloud AWS sebagai infrastruktur teknologi yang memungkinkan pemilik toko menerapkan inovasi pada operasi bisnis seperti inventaris, analitik penjualan, dan pembayaran tanpa uang tunai.

Mereka dapat mengidentifikasi barang-barang yang paling laris dan menghasilkan pendapatan terbanyak, sehingga strategi pasokan mereka dapat disesuaikan dengan analisis data Warung Pintar. Selain itu, dengan penggunaan AWS cloud by Warung Pintar, para pebisnis tidak perlu pusing memikirkan infrastruktur teknologi yang biayanya melebihi anggaran bisnis, dan berada di luar pemahaman warung pada umumnya untuk dapat melakukan transformasi digital. . Hambatan masuk atau hambatan masuk semakin rendah bagi UMKM.

Sementara itu, UMKM yang ingin menemukan kapabilitas yang lebih canggih seperti rantai pasokan, proses pemesanan, dan gateway pembayaran dapat mencoba AWS Marketplace. AWS Marketplace adalah platform yang menghubungkan pembeli dengan lebih dari 3.500 perusahaan dengan layanan dan solusi yang berjalan di cloud AWS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *